Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari 2016

Dibalik Nama Intania Kirana Widiawati

Saya pernah protes ke bapak kenapa nama saya ada “ribut”nya. Dan bapak bilang kalau nama saya itu ada history yang mengiringinya. Ciyeh. Sayapun gak sekali dua kali protes kenapa harus ada “ribut” dan itu jadi sasaran bully dari teman-teman. Jujur aja saya malu, tapi apalah arti sebuah nama jika itu pemberian orang tua. 

Belanja Mudah dan Hemat di Alfamart

Belanja Mudah dan Hemat di Alfamart - Semenjak hidup mandiri paling gak sebulan sekali saya dan suami melakukan agenda belanja bulanan. Kalau ada waktu sih kami biasa menghabiskan 2-3 jam di supermarket ter-nge-heits di Purwodadi. Tapi kalau lagi males ya beli pritilannya aja di market dekat rumah. Kebetulan juga sih 200 meter dari rumah ada Alfamart, jadi sekiranya males ke kota ya udah ke Alfamart aja.

Koreksi Berat Badan Intan

Mendapati anak dengan berat badan masuk zona kuning itu rasa bapernya gak ketulungan. Padahal sudah disuapin rutin, menu makan 4 bintang, nyemil juga udah tapi berat badan stagnan. Itu saya alami loh beberapa bulan kemarin. Sehingga mau gak mau membuat saya terus koreksi bagian mana yang salah dalam memberikan MPASI Intan. 

Kejutan Menjelang 25 Tahun

Jadi insan lagi dimabuk asmara tentu bikin dunia itu serasa tumbuh bunga di segala penjuru, bukan? Apa-apa diperhatiin, mau kencan mesti dandan lama walaupun hasil dandannya gitu doank. Yakali jaman belum kenal pensil alis dulu, kalau dijemput pacar sih bawaannya cuek aja mau alis brudul penting bedak sama lipgloss gak ketinggalan. Tapi seperti itu berubah semenjak saya mengenal lelaki ganteng yang gagal ngajak kencan karena dilarang sama bapak. Hahaha.. kesian (kalau Intan baca ini mesti ketawa).

Papa mandiin Intan?

Papa mandiin Intan? - iya bener papa yang mandiin. Biasanya harus diawali dengan drama debat perelakan antara saya dan papa. Niat hati saya bisa pegang urusan lain, eh si papa ada aja alasannya mau kasih makan burung lah, bersihin motor lah, endebla-endeblew.. tapi akhirnya lelaki paling baik hati se jagad bimasakti itu bersedia mandiin Intan juga. Dan saya bisa melipir buat luluran. Daki setebal 5cm siap dilibas selagi anak sama papa nya.

Kamu adalah Intan yang Tak Ternilai Harganya

Intanku, Buat mama, dengan adanya kamu itu seperti mama sekolah lagi. Buat mama sih awalnya sepele aja ngejalani hidup bareng papamu. Tapi gak taunya, ternyata setiap hari ada hal baru yang sebetulnya mama belum pernah nemuin di kehidupan mama. Dan itu sangat menguras emosi, air mata, dan bahkan mama sering merasa lelah. 

Mengasuh Anak Tanpa Bantuan ART

Mengasuh Anak Tanpa Bantuan ART-Sudah menjadi habit selama sebelas bulan ini kami menjalani kehidupan baru setelah punya baby dan tanpa ada ART. Memang keputusan ini sebenarnya jauh dari harapan saya yang sebelumnya memang menginginkan ada asisten rumah tangga di rumah. Dengan berbagai pertimbangan antara saya dan suami serta masukan dari bapak dan ibu, akhirnya kami memang tidak menggunakan bantuan ART.

Milna Sahabat Bergizi Intan

Bisa dibilang aku itu seneng buat ngepoin instagram para artis. Gak terkecuali instagram para artis yang sekarang udah jadi mamah muda gitu deh. Bukan maksud mau ngebandingin anak aku sama anak artis, nyama-nyamain atau bagaimana gitu. Pokoknya sih seneng aja dan ada rasa gimana gitu setelah kepo postingan artis terutama soal ngasuh anak.

Cara Bijak Menggunakan Smartphone untuk Orang Tua Baru

[SPONSORED POST]



Menjadi orang tua adalah salah satu anugerah terindah dalam hidup kita. Mungkin kita tidak membayangkan akan mendapatkan kepercayaan untuk merawat dan membesarkan buah hati. Setelah memiliki anak, tentu saja kita harus senantiasa belajar menjadi orang tua yang baik.

Beko

Kali ini saya hadir dengan cerita dari si embul ginuk-ginuk Intan. Dua hari kemarin saya drop dan masuk angin, saya pikir ini hal yang wajar mengingat saya kurang istirahat dan tidur. Curiga sebenarnya dimana saat masuk angin itu saya lihat Intan nenenya gak sesegar dan sebanyak biasanya. Udah gitu dia keringetan banyak dan dingin bahkan sempat agak anget-anget badannya. Saya pikir itu hal wajar karena siang itu udara juga panas. Begitu sorenya dia mulai cranky, biasanya dia cranky kalau mau bobok aja. Tapi ini warbiyasak sekalih sampai saya bingung harus gimana, si papa sampai ijin buat gak berangkat ngelesin dan si mbah juga turun tangan.

Seperti biasa selalu diawali dengan “kamu kui habis maem opo, pergi kemana, bawa sawanan gunting dan peniti opo ora, and the bla and the bli…” huft…sabar! Sampai pada satu saat bapak bilang “ora taune putuku iki beko, genea ta nduk?” (gak pernah cucuku ini beko, kenapa to nduk?).  Then, bapak sama ibu menyuruh saya pergi ke dukun bayi yang masih se…

Lactacyd Baby Skin Care Untuk Kulit Intan

Kulit Intan itu sama dengan kulit papa yang bisa dibilang sensitive banget. Apalagi kami tinggal di kota yang cenderung berhawa panas. Karena kondisi daerah kami dikelilingi pegunungan Kapur Kendeng, efek yang paling kami rasakan adalah kondisi air yang banyak mengandung zat kapur. Dipakai mandi gak bagus apalagi dikonsumsi. Jadilah harus benar-benar hati-hati apalagi punya bayi.

Berat Intan Gak Naik, Mungkin Ini Penyebabnya

Berat Intan Gak Naik, Mungkin Ini Penyebabnya - Usia Intan sekarang sudah 9 bulan 8 hari. Kemarin dia baru aja imunisasi campak dan ternyata imunisasi ini adalah imunisasi terakhir dari serangkaian paket imunisasi dasar yang dianjurkan pemerintah. Oke fix, tugas mama kasih yang dasar selesai tinggal gimana nanti perundingan mama sama papa soal imunisasi tambahan.

Ayo Baca!

Semua orang pasti setuju bahwa dengan membaca itu kita bisa mendapatkan banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah bertambahnya wawasan kita. Kalau balik ke jaman sekolah, ada satu penyesalan juga kenapa dulu saya males banget buat baca. Dan anehnya membaca buku pelajaran itu gak seenak baca novel. Hahaha… mungkin itu yang bikin saya dulunya malas buat baca buku. 

Manfaat Berjemur Di Pagi Hari

Menjemur bayi itu jangan dikira sekedar manas-manasin bayi aja sih. Selebihnya sinar matahari pagi itu punya manfaat yang bagus untuk manusia terutama bayi. Makanya gak heran ketika di rumah sakit bersalin, pemandangan setiap jam tujuh pagi sampai menjelang jam sembilan adalah para ibu atau nenek berlomba-lomba menjemur bayi. Begitupun di rumah, sepulang dari rumah sakit setiap pagi Intan rutin saya jemur. Emaknya sekalian ikut berjemur biar sehat juga. Hahaha… 

Apa Booster ASI-mu?

Ibu menyusui ngalamin gak sih yang namanya ASI seret? Saya sering! Apalagi di usia Intan yang sekarang udah mau sembilan bulan. Biasanya kondisi fisik yang kurang fit sangat berpengaruh. Apalagi ketika stress dengan pekerjaan, kondisi otak lagi semrawut juga sangat berpengaruh terhadap ASI. Makanya sering ada yang bilang bahwa kran ASI itu ada di otaknya mommy. Sayang kan si kecil jadi gak seger nenen karena ASI seret. 

Perlunya Liburan Keluarga

Kesibukan kerja biasanya bikin kita sedikit mengesampingkan keluarga. Apalagi bagi orang tua baru seperti kami. Tampak beberapa perubahan antara saya dan suami. Alhamdulillah suami menjadi lebih semangat bekerja semenjak ada Intan, dan saya menjadi lebih focus ke urusan anak dan rumah tangga ditambah kerjaan. efeknya kami susah untuk menikmati kebersamaan berdua atau bertiga, bahkan untuk sekedar berbagi cerita harus meluangkan waktu yang benar-benar free. Weekend menjadi waktu khusus keluarga, tapi kadang suami harus melaksanakan tugas yang tiba-tiba datang dari kepala sekolah. 

Tentang Air Putih dan Mitosnya

Pasca lahiran saya sempat mengalami flu meskipun gak parah-parah banget. Apalagi bulan September kemarin itu puncak musim kemarau yang memang sangat menggoda untuk minum es. Katanya seorang wanita habis melahirkan gak boleh minum es, tapi saya tetap curi-curi buat minum air dingin di kulkas. Ditambah lagi setiap malam saya begadang untuk nenen dan pumping, jadi bisa dibayangin gimana rasanya badan. Perubahan jam tidur bikin badan greges berujung flu. 

Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan

Selama menjalani masa sebagai mama baru, saya menemui banyak hal baru juga. Bisa dibilang memang menjadi orang tua baru itu gak ada sekolahnya sih. Yang penting kita belajar seiring berjalannya waktu aja. Banyak baca sana-sini, tanya sana sini, sampai dengerin ceramah dari orang tua yang memang maha segalanya soal ngurus anak. Gak jarang banyak banget perbedaan yang ditemui, jatuhnya malah membandingkan. 

Menjadi seorang ayah ASI

Semenjak tahu istri hamil, saya memang sudah mbatin kalau anak saya nantinya hanya di beri ASI. Tentang ASI saya tahu dari banyaknya poster yang dipasang di rumah sakit dan say abaca saat menemani istri priksa kandungan. Ditambah setiap malam disaat istri saya tidur, saya lebih banyak menghabiskan waktu untuk browsing tentang ASI. Beruntungnya lagi dokter kandungan juga sangat menyarankan untuk memberikan ASI terutama di enam bulan pertama. Dan Alhamdulillah, pasca operasi Intan langsung IMD dan ASI istri keluar meskipun masih sangat sedikit. 

Air Susu Ibu

Inisiasi menyusu dini alias IMD itu lagi gencar-gncarnya didengungin seiring banyaknya pihak yang mulai pro ASI. Dari awal tahu kalau saya hamil saya udah janji sama diri sendiri kalau saya menginginkan untuk memberikan ASI ke Intan. Dan Alhamdulillah… Allah mendengar apa yang menjadi keinginan saya. sampai sekarang ASI masih berproduksi dan Intan masih asyiik kenyot nenen mamah daripada dotnya. 

Anggota Baru Di Rumah

Empat hari sudah saya harus menikmati bermalam di rumah sakit. Enak sih apa-apa dilayanin, tapi bagaimana juga tempat paling enak ya dirumah. Seenak-enaknya di rumah sakit bisa bikin sakit kepala kalau liat tagihannya. Jyahaha.... lagi-lagi harus minta tolong mbah koko. Ehem!