Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan - Intania Kirana

Minggu, 01 Mei 2016

Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan

1bulan
Selama menjalani masa sebagai mama baru, saya menemui banyak hal baru juga. Bisa dibilang memang menjadi orang tua baru itu gak ada sekolahnya sih. Yang penting kita belajar seiring berjalannya waktu aja. Banyak baca sana-sini, tanya sana sini, sampai dengerin ceramah dari orang tua yang memang maha segalanya soal ngurus anak. Gak jarang banyak banget perbedaan yang ditemui, jatuhnya malah membandingkan. 


Seiring perkembangan Intan dari hari ke hari, kalau bapak dan ibu bilang bayi sekarang beda dengan  bayi jaman dulu. Katanya jaman dulu bayi kalau belum empat puluh hari masih belum bisa melek dengan sempurna. Jaman dulu juga katanya puser akan copot di hari ke tujuh. Tapi semua balik lagi bahwa setiap anak ituunik, jadi saya percaya banget kalau perkembangannya gak bisa disamakan satu dan lainnya. 

Sama halnya dengan yang dialami Intan, dari hari ke hari sampai usaia satu bulan dia mengalami perkembangan yang sangat luar biasa bagi saya. bahkan saya sendiri merasa takjub dengan apa yang terjadi pada anak saya ini. Bapernya ketika yang nengokin pada membandingkan dengan anak-anaknya. Haduh…. Didengerin sambil disenyumin aja kalik ya. Trus Intan mengalami apa aja selama usianya menuju satu bulan ini?

1.      Penglihatan
Memang sejak lahir katanya Intan udah bisa buka mata dengan sempurna (gak perlu nunggu sampai empat puluh hari). Tapi jika diperhatikan kemampuan dalammebuka dan menutup matanya udah kayak orang gedhe gitu. Belajar dari blognya Gesi, saya mencoba stimulus Intan dengan objek berwarna hitam putih dan berhasil. Dia memperhatikan beberapa objek yang sengaja saya pasang di papan tempat tidur. Selain itu dia bisa membedakan gelap dan terang. Terlihat dari bagaimana reflek matanya kalau saya menyalakan lampu kemudian mematikannya. 

2.      Pendengaran
Katanya bayi baru lahir memang sudah bisa mendengar. Saat itu saya berusaha menstimulus pendengarannya dengan alunan music klasik yang katanya bisa juga membantu dalam perkembangan otaknya. Selain itu saya sering membisikkan kata-kata ke telinganya, entah itu sekedar ngomong “mama sayang intan”, atau saya bacakan surat-surat pendek. Kalau waktu nenen dan dipanggil namanya, dia akan mengehentikan aktifitas nenennya dan mencari sumber suara. Saya mencoba merangsangnya dengan beli mainan kicrikan, biasanya dia akan merespon dengan menolehkan kepalanya menuju sumber suara. 

3.      Motorik kasar
Bayi ini bisa dibilang cukup anteng sih. Tapi bukan berarti dia terus gak bergerak sama sekali. Kemampuan motoriknya terlihat disaat tangannya saya sentuh dengan unjung jari, responnya dia akan menggenggam. Itu berlangsung pada waktu nenen biasanya. Selain itu dia akan menggenggam sarung tangannya sendiri (maklum kegedhean). Kadang saya tengkurepin dia sebentar diatas handuk kalau habis mandi, tujuannya biar dia merasakan halus kasar tempat dia tengkurap. Hahah…

Selain itu di usia satu bulan Intan sudah diberikan imunisasi BCG dan polio 1. Imunisasinya cukup di Posyandu RW sebelah dan itupun suntik BCG diberikan di usia 2 minggu. Setelah konsul sama petugasnya sih bilangnya gapapa, jadi ya sudah di enjus aja lengan kirinya. Jangan ditanya gimana dia, nangis tapi bentar aja habis itu rewel. Oh iya, berat badan Intan sudah 3,9kg di usianya yang ke 1 bulan. Bisa dibilang lumayan cepet kenaikan bb nya.

Itu cerita perkembangan Intan di usia 1 bulan. Tunggu cerita tumbuh kembangnya di bulan berikutnya ^_^

5 komentar:

  1. Aloha dedek Intan yg manis,slamat y punya blog baru yg keren punya.Tampilannya eye catching bgt😊😀

    BalasHapus
  2. Hai Intan, kapan-kapan Ateu pengen ketemu dan main bareng, ya :)

    BalasHapus
  3. Halo cantiiiikk. seneng banget ya pasti nanti kalo intan udah gede trus baca blog ini.. Hehehe

    BalasHapus
  4. ga jauh nih beda anak kita mbak :).. bayi umur segini sebenernya aku lebih suka.. karena mereka cendrung anteng :D ntr umur 2 bulan, baru mulai bisa senyum2, mungkin krn matanya jg udh lebih jelas kali ya dlm melihat.. ditambah ngoceh2 ga jelas, hihihi..aku paling suka dngerin bayi ngoceh.. makin diajak ngobrol makin sneng mereka :)..

    BalasHapus
  5. Hello adek Intan, salam kenal ya. Moga sehat selalu dan makin pinter :)

    keluargahamsa.com

    BalasHapus