Perlunya Liburan Keluarga - Intania Kirana

Sabtu, 14 Mei 2016

Perlunya Liburan Keluarga

Kesibukan kerja biasanya bikin kita sedikit mengesampingkan keluarga. Apalagi bagi orang tua baru seperti kami. Tampak beberapa perubahan antara saya dan suami. Alhamdulillah suami menjadi lebih semangat bekerja semenjak ada Intan, dan saya menjadi lebih focus ke urusan anak dan rumah tangga ditambah kerjaan. efeknya kami susah untuk menikmati kebersamaan berdua atau bertiga, bahkan untuk sekedar berbagi cerita harus meluangkan waktu yang benar-benar free. Weekend menjadi waktu khusus keluarga, tapi kadang suami harus melaksanakan tugas yang tiba-tiba datang dari kepala sekolah. 


Perlu banget yang namanya liburan keluarga. Mungkin terlihat sepele tapi sebenarnya liburan keluarga itu sangat penting menurut saya. jika merencanakan liburan keluar kota bisa donk kita memilih untuk liburan keluarga di Bali, kalaupun mendadak cukup liburan yang deket-deket aja. Karena, untuk urusan liburan keluarga dan memilih keluar kota harus benar-benar direncanakan secara matang. Seperti akomodasi, lamanya liburan, menginap dimana, dan akses selama di lokasi wisata. 

Katakanlah Bali, satu dari tempat di Indonesia yang sangat menggoda untuk dikunjungi bersama keluarga. Menikmati indahnya sunset di Pantai Kuta, meninap di villa, menikmati kuliner ayam betutu,dan yang saya impikan adalah bisa menikmati pertunjukan tari Kecak di Uluwatu. Tentunya akan menjadi satu momen kebersamaan yang indah jika saya bisa berlibur bersama papa dan Intan di Bali. 

Dan liburan bersama keluarga itu selain kita bisa menjelajah negeri, ada juga manfaat lain, seperti :
  • Melepas penat  : Sudah pasti yang namanya piknik atau liburan itu bisa menjadi satu obat stress. Sadar atautidak beban kerja kadang berimbas di rumah. Kerjaan numpuk harus lembur, kalau gak sesuai dapat teguran atasan. Pulang-pulang emosi dan wajah kusut. Sepertinya butuh piknik.
  • Mengakrabkan satu sama lain : Ya, dengan liburan kita bisa mengakrabkan kedekatan kita dengan suami dan anak pastinya. Jika weekdays kita serasa kehilangan sosok suami karena sibuk kerja atau bahkan lembur, dengan liburan bisa jadi satu momen kangen-kangenan bahkan quality time banget. 
  • Mengenalkan anak dengan dunia luar : Meskipun gak ke luar kota, mengenalkan anak dengan dunia luar itu perlu. Tujuannya agar anak belajar mengenali lingkungannya, menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dan mengajarkan kepekaan dengan kondisi sekitarnya. Dan yang paling penting adalah agar anak gak jago kandang yang beraninya cuma dirumah aja. Selain berinteraksi dengan alam bisa juga anak berkenalan dan berinteraksi dengan lingkungan sosialnya.
          Jadi, gak ada salahnya kan liburan bersama keluarga, menginap di hotel mewah, homestay, atau villa. Atau bisa juga liburan a la backpacker, yang penting nikmati kebersamaan dengankeluarga akan semakin mengingkatkan bonding kita terutama dengan anak. 

Sudah pernah liburan sama keluarga? Share yuk manfaatnya apa aja di kolom komentar ^_^

Salam
-mama Intan-

1 komentar:

  1. Asyiik Intan mau diajak ke Bali, nih. Tante kirim ayam betutu, ya. :D

    BalasHapus