Tentang Air Putih dan Mitosnya - Intania Kirana

Rabu, 11 Mei 2016

Tentang Air Putih dan Mitosnya



Pasca lahiran saya sempat mengalami flu meskipun gak parah-parah banget. Apalagi bulan September kemarin itu puncak musim kemarau yang memang sangat menggoda untuk minum es. Katanya seorang wanita habis melahirkan gak boleh minum es, tapi saya tetap curi-curi buat minum air dingin di kulkas. Ditambah lagi setiap malam saya begadang untuk nenen dan pumping, jadi bisa dibayangin gimana rasanya badan. Perubahan jam tidur bikin badan greges berujung flu. 


Bayi sangat rentan tertular, makanya saya selalu pakai masker. Alih-alih diperhatiin yang ada karena saya pilek malah kena semprot. Tapi diterima aja sih, dan saya memang gak mengkonsumsi obat.  Dan dari pilek saya saat itu saya menjumpai keanehan yang saya dapatkan dari saudara yang sedang main ke rumah. Saya ditanya kenapa bisa pilek, dan saya jawab aja kalau selama ini suka curi-curi minum air putih dingin. Ternyata respon dari saudara saya itu adalah “jangan minum air putih, anakmu nanti ikutan pilek”. Gak sampai disitu, saya menerima sebuah larangan aneh yaitu “jangan minum air putih banyak-banyak, gak bagus apalagi buat ibu yangbaru melahirkan”. 

Hellooowww!!!! Rasanya gimana digituin? Hahaha…. 

Padahal tau sendiri air putihitu penting buat tubuh. Soal pilek yang sedang menyerang saya waktu itu memang karena keseringan begadang dan kurang istirahat aja. Tapi apa hubungannya antara air putih, pilek, ibu, dan anak? Padahal menyusui itu cepet haus dan lapar, lho. Kalau nurut jaman dulu memang banyak mitos disekeliling ibu hamil bahkan melahirkan. Tapi gimana menanggapinya aja sih. 

Buat saya itu mitos kalau air putih bikin pilek ibu dan bayi. Logika saja sih ketika ibu pilek anak bisa tertular pilek bukan dari asi yang diminum bayi. Tapi dari virus yang bisa menular sewaktu-waktu. Makanya saya berusaha menjaga agar tidak tertular dengan memakai masker, menutup mulut ketika bersih, dan cuci tangan. Buat jaga kondisi saya mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C dan memperbanyak air putih. 

Terbilang ndableg tapi ya gimana lagi..haus… hahaha.. jadi, be smart mommy yah. Dulu sama sekarang itu beda yang penting kita menghormati ajah. Jadi percaya gak kalau air putih itu mitosnya bikin pilek ibu yang habis melahirkan??

-mama Intan-


1 komentar:

  1. Pas hamil n melahirkan itu banyak banget mitosnya, ya ada yg tak ikutin ada yg enggak. Kalo air putih nggak bikin pilek lah, kecuali kebanyakan es.

    BalasHapus