Jumat, 17 Maret 2017

Eksperimen Kering Tempe


Halo,
berhasil kering tempenya

Lama nggak update kok ya ngerasa bersalah sama blog anak cantik ini ya. Habis gimana ya, tenaga sudah terkuras untuk rutinitas di sekolah dan rumah. Mau ngeblog jadinya malas. Mm… apa memang malas? Ah… mama kebanyakan alesyan!


Daripada banyak alesyan, mama mau share eksperimen kering tempe untuk pertama kalinya. Jadi nggak sengaja kemarin beli tempe 3 lembar ukuran gedhe di pasar. 2 lembar habis dibikin mendowan gitu, nah di kulkas masih bersisa 1. Ya sudah coba aja bikin kering tempe.

Oke, ini berawal dari obrolan Tante Lita kalau bikin kering tempe itu gampil. Yes, #DapurMama sore tadi kemebul dengan asap bau sereh… kok bisa? Penasaran? Yuk… siapkan dulu alat perangnya.


Ingredients *halah* :


·         1 lembar tempe (karena ini sisa belanjaan kemarin sih..)
·         3 siung bawang merah
·         2 siung bawang putih
·         6 biji cabe merah keriting (lupa nggak direbonding)
·         1 batang sereh geprek
·         1 lembar daun salam
·         2 iris laos geprek
·         Gula
·         Garam
·         Kecap
·         Gula jawa
·         Air
·         Minyak goring
·         Kaldu bubuk (Mama pakai royco)



Sudah siap semua bahannya? Langsung cuz yuk kita mulai pergulatan di dapurnya.

1.      Iris tempe menjadi ukuran kecil dan tipis. Ini optional ya bunda, karena saya suka yang agak kemripik ya saya iris tipis.

2.      Irisan tempe tadi goreng dulu sampai lumayan kering. Sisihkan.

3.      Haluskan 3 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, dan sedikit cabe. Kalau saya sih cabenya diiris aja. Papa kurang suka pedes. Kemudian sisihkan.

4.      Setelah tempe selesai di goreng dan bumbu halus siap, panaskan minyak goreng ya bunda. Dikit aja minyaknya.

5.      Tumis bumbu halus tadi bersama potongan cabe merah kriting sampai tercium bau wangi dari bumbu.

6.      Masukkan 1 batang sereh, 1 lembar daun salam dan 2 iris laos gerek sampai keluar bumbu aromatic. Lumayan menyengat tapi wanginya saya suka.

7.      Beri air sedikit, kemudian kecap, gula, gula jawa, kaldu bubuk dan jangan lupa tester rasa. FYI ya bunda, saya pakai api sedang karena takut gosong.

8.      Masukkan irisan tempe yang sudah digoreng tadi dan campur dengan bumbu sampai merasa. Kalau masih kurang mantab manisnya bisa ditambahkan gula jawanya.

9.      Matikan kompor dan kering tempe sudah matang deh. Jangan lama-lama gorengnya karena takutnya gosong.  Sajikan!



Setelah matang saatnya Mama abadikan deh keberhasilan eksperimen kering tempe di #DapurMama sore ini. Kalau di lidah mama sih udah pas nggak terlalu manis dan nggak keasinan. Karena selama ini masakan mama itu identik dengan asin. Huahahaha.  Katanya kalau bikin kering tempe dengan sensasi kriuk itu bisa bikin awet gitu. Belum dicoba deh mungkin next harus dicoba. Biar bekal papa kalau berangkat sekolah nggak monoton menunya.

Oke, sekian resep dan tutorial kering tempe dari #DapurMama. Semoga bermanfaat yas. Dan.. mama mau belajar resep lain supaya lebih jago lagi masaknya.
Pau…pau!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar