Minggu, 28 Mei 2017

Tips Menghadapi Ujian Sekolah Bersama Stimuno Sirup




Tips Menghadapi Ujian Sekolah Bersama Stimuno Sirup - Naluri seorang ibu pasti akan nggak tega kalau melihat anak tertekan. Terlebih karena menghadapi ujian. Saya yakin ini umum dialami oleh wali murid saya yang anaknya duduk di kelas enam. Kalender dan proses pembelajaran rasanya sekarang berjalan sangat cepat, disisi lain masih ramai juga pro kontra wacana penghapusan UN. Bagi para orang tua yang saya temui banyak yang khawatir dengan anaknya nanti. Mereka umumnya mengeluhkan dengan diberlakukannya dua macam kurikulum yang berbeda serta model ujian yang nantinya akan diujikan. 




Minggu lalu untuk jenjang sekolah dasar sudah melaksanakan try out ujian nasional yang pertama. Kebayang bagaimana siswa harus mempersiapkan agar mantab menghadapi ujian. Tidak terlepas dari peran guru yang memang sangat penting dan berpengaruh sekali terhadap kesiapan siswa. Belum lagi dengan tuntutan seabrek entah dari pemerintah maupun atasan. Stress nggak hanya dialami siswa, tetapi gurunya juga. 

Sudah sewajarnya sebagai orang tua juga harus tanggap dimusim ujian seperti ini. Saya sendiri masih belum bisa membayangkan bagaimana nanti harus mempersiapkan Intan kalau sudah masuk dalam jenjang sekolah dan harus menghadapi ujian nasional. Disini berdasarkan pengalaman mengajar saya dan selaku orang tuanya anak-anak di sekolah, saya ingin membagi tips tentang persiapan sebelum ujian nasional. Seperti :


1.      Persiapkan Kondisi kesehatan
Ini faktor utama dimana kondisi badan harus benar-benar fit. Seperti yang kita tahu tubuh akan mengeluarkan sinyal jika memang sudah dirasa sangat lelah. Apalagi sistem imun setiap anak berbeda, jadi jangan samaratakan antara anak satu dengan yang lain. Berikan jeda waktu untuk istirahat dan berikan juga multivitamin yang disukai anak. 

2.      Latihan soal
Biasanya untuk latihan soal sudah dilakukan di sekolah bersama dengan guru kelas. Selain itu anak juga bisa mendapatkan dari luar seperti les ataupun belajar sendiri dengan didampingi orang tua. Dengan semakin banyak latihan, anak akan memiliki gambaran variasai soal ujian dan orang tua tidak perlu khawatir berlebih anak bisa mengerjakan atau tidak saat ujian nanti. 

3.      Jangan menuntut anak dengan nilai sempurna
Percaya kan bahwa kesempurnaan cuma milik Tuhan. Saya menjumpai bahkan menampung curhatan orang tua yang menuntut anaknya mendapatkan nilai sempurna saat ujian. Bahkan mereka sering lupa hal terpenting selain nilai adalah anak paham dengan materi. Berapapun hasilnya usahakan agar tetap menghargai jerih payah anak. 

4.      Jangan lupakan istirahat
Selain fisik, otak juga butuh yang namanya istirahat. Saya banyak menjumpai anak-anak les saya yang merasa lelah karena harus mikir baik di sekolah, saat belajar di rumah bahkan saat les. Sebagai orang tua perlu kita perhatikan durasi anak belajar, jangan terlalu memforsir dan berikan jeda untuk istirahat. Bisa jadi beri anak waktu untuk bermain, tidur, menonton tv, atau sekedar bermain sepeda keliling komplek.

5.      Dampingi anak untuk mempersiapkan perlengkapan ujian
Ayah, bunda... ini terkesan sepele. Mungkin di pikiran orang tua anak sudah memiliki tanggung jawab sendiri. Tetapi namanya anak harus tetap diingatkan baik alat tulisnya, penggaris, kartu tes, alas lembar jawab. Karena ketika pelaksanaan saya masih sering menemukan perlengkapan ujian anak yang masih sering kurang. Alasan mereka adalah lupa, ada baiknya orang tua bantu mengecek malam sebelumnya. 

6.      Doa dan pasrah
Setelah kelima persiapan diatas sudah siap dan matang, jangan lupa ajak anak untuk berdoa bersama. Yakinkan bahwa setiap jerih ayah anak akan ada hasil yang sesuai dengan kemampuannya, dan jangan lupa untuk berdoa supaya diberi kelancaran saat menghadapi ujian.

Hal terpenting dari keenam point diatas adalah masalah kesehatan. Tidak sedikit anak yang ijin dikarenakan sakit. Baik karena faktor cuaca atau memang anak terlalu stress dengan beban ujian yang harus dihadapi. Sebenarnya ada banyak cara menjaga kesehatan tubuh, apalagi musim ujian memang anak gak boleh sakit. Rasanya memang aneh, ketika badan mengeluarkan sinyal kurang bagus, masa iya sakit dilarang. Masa yang namanya manusia harus #Sehat365Hari? Ini manusia bukan robot kan, apalagi anak-anak.
 
Kebetulan banget ketika browsing tentang cara menjaga kesehatan tubuh, saya menemukan informasi menarik tentang Stimuno di http://www.serbaherba.com/daya_tahan. Stimuno adalah vitamin yang diformulasikan untuk anak dan dewasa.  Stimuno merupakan produk herbal fitofarmaka, yang terbukti berkhasiat dan aman untuk meningkatkan kekebalan tubuh, berguna untuk mencegah sakit dan mempercepat penyembuhan. Produk yang launching dari tahun 1999 ini mengandung ekstrak meniran yang diformulasikan menjadi sirup dan kapsul. Tidak seperti vitamin yang hanya membantu meningkatkan daya tahan tubuh (imune booster). Stimuno bekerja langsung memperkuat sistem imun dengan memperbanyak produksi antibodi seperti tentara yang menjaga benteng pertahanan tubuh (imuno modulator). Terlebih untuk anak-anak yang rentan terkena penyakit.  Untuk produk Stimuno sendiri merupakan satu-satunya immunomodulator yang telah teruji klinis ke manusia di Indonesia, sehingga mendapatkan sertifikat produk herbal tertinggi fitofarmaka dari BPOM.

Jadi, selain orang tua dan anak-anak sibuk dengan persiapan ujian, ada baiknya persiapkan Stimuno sirup untuk menjaga kesehatan anak kita. Ujian memang terkesan jahat, tapi saya percaya semua akan indah pada waktunya dan lulus dengan hasil yang memuaskan. Satu hal lagi, jangan lupakan kebahagiaan anak. Kunci dari keberhasilan anak yang menghadapi ujian, selain dengan 6 persiapan ujian diatas adalah minum Stimuno sirup setiap hari. 

Ayah.. bunda... selamat mendampingi persiapkan ujian anak-anak ya..

6 komentar:

  1. wah, nice tips untuk yang sedang mendampingi anak ujian ya. terimakasih sudah berbagi :)

    BalasHapus
  2. Stimuno, andalan saya saat anak2 balita. Saatbini kalau cuaca nggak ok, anak2 msh sy beri stimuno

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya aku butuh juga buat intan deh buncha

      Hapus
  3. memang wajib banget ya dampingi anak kalau lagi ujian...semoga sehat selalu

    BalasHapus
  4. anakku juga minum stimuno

    BalasHapus