Langsung ke konten utama

5 Hal yang Biasa Disiapkan Ketika Mengajak Anak Traveling



Traveling With Kid is Rempongly Happily : iya banget, ngajakin anak bayik jalan-jalan alias piknik sih emang repot ya. Tapi nyenengin abis!!! Senengnya berlipat, capeknya apalagi kayak habis lari marathon ratusan kilo meter. Tapi anehnya, pergi nggak ajak si kecil kok berasa ada yang hampa. Ngerasa begitu nggak sih, buibu?


Mulai membawa Intan perjalanan jauh sih di usia 3 bulanan gitu. Tapi kalau bener-bener diajak piknik sih pas usianya kalau nggak salah inget saat dia umur 9 bulan. Yaitu ke Jogja buat ikut piknik darma wanita. Haha.. eh serius awalnya aku sama papanya galau mau diajak atau ditinggal. Secara dia maunya asi dan nggak mau ngedot, mau nggak ikut sayang karena duitnya gak bisa diminta alias hangus kalau nggak ikutan. Dan akhirnya kami sepakat bawa dia pergi ke Jogja dan dengan catatan papa juga ikut. 


Jujur, ini bukan kali pertama pergi bawa bayi. Tapi ini di kondisi yang berbeda dimana intan sudah mulai paham sekitar terlebih dia lagi asyik belajar jalan. Well prepare harus banget dan wajib. So, biasanya aku bakal rempong karena emang nyiapin ini itu juga sendiri sementara urusan momong di handle sama papa. 


Ini dia yang biasa aku siapkan kalau ngajak Intan pergi. 


1. Keperluan pribadi

In case : diapers, minyak telon, baju ganti, dan segala macam kebutuhan bayi ya. Karena ya nggak tau juga kapan dia bakal poop dan berapa kali durasinya. Kapan dia gumoh dan harus diusahakan kondisi tubuhnya hangat, terlebih bus AC dan jujur beberapa kali piknik sekolah ngajak Intan tuh AC nya dingin banget. 


2. Bantal dan selimut

Ini penting juga demi kenyamanan dia saat bobok terutama. Dialasin pakai bantal yang biasaya aku pakai bantal karakter seukuran tubuh dia. Tapi sekarang mah udah kekecilan bantalnya. Haha.. kalau selimut so pasti ya buat amannya dia dannggak kedinginan. 


3. Mainan

Sepele tapi penting karena untuk menghindari kejenuhan selama di perjalanan. Aku biasanya bawaiin boneka kesayangan dia si penguin. Kalau ada boneka itu aman dunia perbayik-an. 


4. Makan dan cemilan

Sebenarnya ini optional ya, tapi daripada kelaperan di perjalanan dan kebetulan punya hobi nggembol jajanan dari rumah. Disamping itu irit lah ya sekalipun pada akhirnya tetep beli jajan. Tapi jajanan di lokasi belum tentu cocok buat Intan. Barang sosis goreng dan nasi putih sih biasanya tetep bawain. 


5. Gendongan

Dulu sih biasa pakai baby carier dan urusan gendong ada sama papa. Tapi kalau mama tetep bawa jarik atau gendongan sling buat jaga-jaga kalau dia pas tidur.



Lima point diatas memang yang sering aku persiapkan saat akan bepergian dan ngajak Intan. Tapi punya anak kecil memang banyak upredictable moment. Jadi yach dimaklumin aja kalau udah style on tapi tiba-tiba anak cranky mintan nenen kemudian bobok. Atau baju udah kece eh anak gumoh. Rempong iya tapi menyenangkan. Setidaknya dengan kegiatan traveling bisa mengajarkan anak mengenai hal-hal baru di sekitar. 


Kalau kalian persiapannya apa aja? Share yuk…


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Milna Sahabat Bergizi Intan

Bisa dibilang aku itu seneng buat ngepoin instagram para artis. Gak terkecuali instagram para artis yang sekarang udah jadi mamah muda gitu deh. Bukan maksud mau ngebandingin anak aku sama anak artis, nyama-nyamain atau bagaimana gitu. Pokoknya sih seneng aja dan ada rasa gimana gitu setelah kepo postingan artis terutama soal ngasuh anak.

Dibalik Nama Intania Kirana Widiawati

Saya pernah protes ke bapak kenapa nama saya ada “ribut”nya. Dan bapak bilang kalau nama saya itu ada history yang mengiringinya. Ciyeh. Sayapun gak sekali dua kali protes kenapa harus ada “ribut” dan itu jadi sasaran bully dari teman-teman. Jujur aja saya malu, tapi apalah arti sebuah nama jika itu pemberian orang tua. 

Intan Pakai Minyak Rambut Urang Aring

Jadi gini, sedikit mau cerita pengalaman jaman kecil mamak yang dibilang gokil ye. Bapakku alias mbah koko nya Intan tuh sosok yang perfect bingit soal penampilan. Terlebih kalau dandanin aku sebelum berangkat sekolah. Kok bukan ibu? ibu mah bagian rambut. Kalau bapak kadang rambut dan bahkan seringnya bedakin. Jadi jangan ditanya gimana hasil dandanan bapak ya. tau kan bedak merk Spalding yang wanginya awet sampai sore, kemasannya putih dan tutupnya merah macam pentholan lolipop itu lah ya. harganya di eraku sekitar 8500 rupiah, seus. Sekarang? Entah aku kok jarang menemukan bedak legend yang menemani masa kecilku.