Langsung ke konten utama

Kasihan... Mamaku Anyang-Anyangan




Kemarin mamaku habis kena anyang-anyangan. Bentar-bentar pipis, terus ngeluh sakit ke papa. Kasihan sih mama, ritual nenenku terganggu karena lagi asyiknya melahap nenen mamah eh mama bilang “dek… mama pipis dulu” balik ke kamar eh sambil mringis-mringis sambil nangis. Mamaku manja!


Papa kan orangnya nggak tegaan gitu, ditanya deh si mama. Katanya kalau pipis sakit, badan greges nggak jelas dan bolak balik kamar mandi pipis keluarnya sebentar banget. Disuruhlah mama minum air putih yang banyak, eh aku lagi asyik mainan sama boneka pipiku tau-tau mama bilang “dek.. tolong ambilin mama minum ituh di meja”. Karena aku anak baik ya mama aku ambilin tapi mama tuh itu kan botol minum aku ih. 


Papa kan manusia penggila google gitu. Sambil disuruh nenenin aku lagi, si papa ngajakin ngobrol mama. Dari percakapan mereka anyang-anyangan itu ternyata gejala awal dari penyakit infeksi saluran kemih, dengan bakteri E.Coli yang menjadi penyebabnya. Jadi bakteri itu sifatnya jahat dan dia menempel di dinding saluran kemih. Aneh juga ya penyakitnya orang gedhe. Eh tapi tunggu dulu! Anyang-anyangan itu nggak cuma penyakit orang gedhe, anak-anak juga bisa nggak pandang bulu mau cowo atau cewe. Tapi emang sih cewe lebih rentan kena anyang-anyangan.


Oiya, gejala anyang-anyangan orang dewasa kan sudah pada tau kan ya, nah kalau anak kecil kena ISK itu ada gejalanya nggak sih? Papau baca di kidshealth.org bahwa bayi juga bisa kena ISK dengan gejala demam tidak disebabkan oleh flu, bau aneh dari urine, muntah, nafsu makan berkurang dan rewel. Pernah kan nemuin bayi yang berat badannya stagnan setelah di konsultasikan dengan DSA malah tena ISK. Duh kan kasihan.


Kadang papaku kebanyakan teori, padahal aku kasihan lihat mama nangis gitu nahan sakit. Mengatasi anyang-anyangan itu memang nggak cukup dengan minum air putih saja, terus papaku ngiket jempol mama pakai karet, lah kapan sembuhnya? Yang ada aliran darah jadi terhambat donk. Papa payah!




Ngubek kotak obat dan aku ikut acak-acak, eh papa nemuin Prive Uri-cran Plus kemasan sachet. Memiliki komposisi 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus, 0.1 mg Bifidobacterium bifidum. Bentuknya serbuk dan kalau diminum dengan air dingin rasanya seger-seger kecut gitu. Sehari bisa diminum 1-2 sachet.  Ada juga Prive Uri-cran dengan kemasan kapsul yang bisa diminum 1-2 kapsul sehari.

Cara membuatnya gampil, aku sih liatin terus ya gimana papa buatnya. Cukup sobek kemasannya, siapkan air dingin segelas belimbing, tuangkan, aduk dan air akan berubah menjadi berwarna pink. Kemudian siap diminum deh. Apalagi ada es batu, wuuu aku suka banget nyemutin es batu, aku coba rebut gelas mama yang berisi prive uri-cran dan ternyata nggak dibolehin. Aku keluarin senjata andalanku yaitu nangis sekenceng-kencengnya. Eh sama papa aku dikasih es the,  ya uwes diem deh. Xixixi.

Kenapa mama harus banyak minum cairan? Karena banyak minum air putih dapat mendorong bakteri keluar dari kandung kemih dan mengencerkan urin, sehingga mencegah bakteri penyebab ISK berkembang biak. Jadi mama harus minum prive uri-cran dan banyak minum lainnya, kalau buat anak kecil harus konsultasi dokter dulu boleh nggak minum Prive Pri-cran.
sumber : http://uricran.co.id

Hampir aja lupa, wejangan papa buat mama nih biar nggak kena anyang-anyangan lagi juga wajib aku kasih tau ke budhe pakdhe om dan tante seperti :


1.      Jangan sering menahan pipis. Kalau Intan sih sukanya ngompol.

2.      Habis pipis basuh dengan cara dan arah yang benar, ya. Dari sisi depan ke belakang.

3.      Perhatikan kebersihan air yang dipakai.

4.      Mama harus rajin juga bersihin kamar mandi, karena toilet yang kotor bisa jadi sarang bakteri.

5.      Perhatikan kebersihan pakaian dalam, yaaa. 


Nah itu tadi ceritaku soal mama yang habis kena anyang-anyangan. Buat om tante budhe dan pakdhe, Intan doain semoga sehat selalu dan jangan lupa menerapkan pola hidup sehat dan bersih ya.



Salam sayang dari intan ya….

Komentar

  1. Bener banget hadus eksta hygienis kalau untuk area kewanitaan mah, biar bebas anyang anyangan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Milna Sahabat Bergizi Intan

Bisa dibilang aku itu seneng buat ngepoin instagram para artis. Gak terkecuali instagram para artis yang sekarang udah jadi mamah muda gitu deh. Bukan maksud mau ngebandingin anak aku sama anak artis, nyama-nyamain atau bagaimana gitu. Pokoknya sih seneng aja dan ada rasa gimana gitu setelah kepo postingan artis terutama soal ngasuh anak.

Intan Pakai Minyak Rambut Urang Aring

Jadi gini, sedikit mau cerita pengalaman jaman kecil mamak yang dibilang gokil ye. Bapakku alias mbah koko nya Intan tuh sosok yang perfect bingit soal penampilan. Terlebih kalau dandanin aku sebelum berangkat sekolah. Kok bukan ibu? ibu mah bagian rambut. Kalau bapak kadang rambut dan bahkan seringnya bedakin. Jadi jangan ditanya gimana hasil dandanan bapak ya. tau kan bedak merk Spalding yang wanginya awet sampai sore, kemasannya putih dan tutupnya merah macam pentholan lolipop itu lah ya. harganya di eraku sekitar 8500 rupiah, seus. Sekarang? Entah aku kok jarang menemukan bedak legend yang menemani masa kecilku. 

Ketika "Bejo" Menghampiri Lik Padmo

Jadi, sesorean ini tadi kampungku ramai. Bukan perkara ada maling ketangkep atau ada artis masuk desa. Tapi, tetanggaku nih bejooooooooo banget. Namanya Lik Padmo, orang Gading kampung perikanan gitu deh. Desye dapet mobil Honda brio, cint!!! Gratis!!! Nah lho, mimpi apa coba!!