Asyiknya Mendongeng Bersama So Good Cerdik - Intania Kirana

Kamis, 30 November 2017

Asyiknya Mendongeng Bersama So Good Cerdik

Asyiknya Mendongeng Bersama So Good Cerdik - Kebiasaan masa kecil dulu yang paling aku ingat dari sosok bapak adalah beliau kerap bercerita kepadaku. Mau legenda Malin Kundang, Baruklinting, bahkan cerita fiktif yang sarat makna. Kebiasaan itu beliau lakukan setelah aktifitas belajar setiap malam, barulah aku pergi tidur. So, I think bapak adalah seorang pendongeng yang hebat di rumah kami.


Dari kebiasaan itulah memang aku menyukai kegiatan mendengarkan atau membaca dongeng. Bahkan ketika Intan lahir, aktifitas bercerita kerap kami lakukan. Ketika sedang bermain, sebelum tidur, bahkan kemarin ketika bangun tidur dia menagih aku untuk bercerita bersama boneka kudanil kesayangannya. Selain media boneka, kami memilih buku cerita bergambar atau sering ngarang cerita sendiri. Hahaha.. 

bersama boneka Kudanil
Terkadang memang aku menyadari bahwa menjadi ibu itu nggak bisa sempurna. Kelelahan dengan pekerjaan sekolah dan berlanjut kerjaan domestik membuat aku lumayan mengabaikan Intan. Begitupun papanya, kami sadar betul gadget sangat dekat dengan kami. Bahkan terlalu beridealis untuk tidak memberikan gadget ke anak rasanya kurang pas. Perkembangan teknologi sekarang semacam jamur di musim penghujan, sangat cepat untuk berkembang. 

Makanya, nggak jarang Intan terlena dengan gadget dan aneka macam video yang terpampang di Youtube. Meskipun masih dalam pengawasan dan pendampingan, khawatir dengan kecanduan gadget boleh lah ya. Untuk itu sebagai orang tua, kami sangat membatasi dan lebih memilihkan aplikasi yang kids friendly buat Intan.

Mendongeng Menjadi Asyik bersama So Good Cerdik 
aplikasi So Good Cerdik
Memangnya ada mendongeng dengan bantuan gadget? Ternyata ada lho! Jadi mendongeng di zaman now nggak melulu bersifat konvensional. Memanfaatkan gadget dan aplikasi interaktif untuk anak bisa menjadi salah satu solusi. 

So Good Cerdik merupakan aplikasi digital interaktif yang bisa dimainkan dengan gadget dimana dalam aplikasi tersebut berisi kumpulan dongeng. Canggihnya aplikasi ini adalah sudah menggunakan teknologi Augmented Reality atau AR. Cara memaikannyapun sangat mudah, cukup dengan menscan kartu yang ada dalam kemasan So Good bertanda khusus. Pastikan dulu aplikasi So Good cerdik sudah diinstal di hp dan kalau belum bisa diunduh gratis di play store. 

Enak kan, selain mendapatkan makanan bergizi dari So Good. Kita juga bisa mendapatkan permainan edukatif dan interaktif yang pastinya sangat disukai oleh anak-anak. 

Nilai Positif Aplikasi So Good Cerdik

makanan bergizi dan aplikasi edukatif

Yea, mendongeng dengan bantuan So Good Cerdik ini memang memiliki sisi positif. Baik aku sama papa sepakat bahwa aplikasi ini juga menstimulus kecerdasan anak untuk berkembang. Kita paham bahwa ada 9 kecerdasan yang sekarang ini sangat didengungkan dimana kecerdasan anak tidak melulu aspek pengetahuan saja.

Stimulasi yang sangat membantu kami dari aplikasi ini adalah : 

💖 Stimulasi kecerdasan visual : Untuk stimulasi ini didapat ketika kita pertama kali membuka aplikasi dan menscan kartu. Kemudian akan muncul gambar yang seolah nyata di layar hp. 

💖 Stimulai kecerdasan verbal linguistik : tidak cuma gambar, kemampuan berbahasa dan kosa kata anak akan bertambah dikarenakan dalam setiap part cerita dilengkapi dengan subtitle berbahasa Indonesia. Sangat cocok untuk menambah kosa kata Intan. 

💖 Stimulasi kecerdasan auditory : ini didukung dengan adanya narasi apik dari narator.

💖 Stimulasi kecerdasan musikal : didapat dari musik pengiring setiap part cerita. Jadi anak tidak akan bosan hanya melihat dan mendengar narasi ceritanya saja. 

💖 Stimulasi kecerdasan kinestetik : mendengarkan musik pengiring memang bisa membuat anak ingin menggerakkan badannya. Hal ini kami lihat dari Intan dimana setiap ada iringan musik, entah tangan, kaki atau dia akan berjoged sambil mendengarkan ceritanya.

Selain itu juga bisa menstimulasi kecerdasan interpersonal melalui dongeng yang terdapat dalam aplikasi, serta kecerdasan intrapersonal melalui pesan yang sudah didapatkan dalam dongengnya. Tentu sebuah penguatan akan nilai moral ini didapat dari orang tua yang mendampingi anak ketika bermain aplikasi So Good Cerdik.  


Manfaat yang terlihat setelah Intan bermain dengan aplikasi So Good Cerdik

quality time ditemani So Good Cerdik
 
✅ Ada penambahan kosa kata baru, dimana kemampuan berbicaranya semakin hari semakin bertambah.
 
✅ Intan suka musik, dia pun semakin tertarik untuk mendengarkan cerita sambil ada iringan musiknya.
 
✅ Dia menjadi lebih anteng karena saat bermain aplikasi ini entah aku atau papanya atau bahkan kami ada mendampingi dia. Bisa menjadi ajang quality time buat kami mengingat kesibukan mengajar dan kerjaan part time setelah sekolah.
 
✅ Intan bisa lebih ekspresif ketika ingin menunjukkan keinginannya. Dikarenakan kemampuan verbalnya masih terbatas, nggak jarang lewat mimik muka ataupun gerakan badan menjadi cara dia mengatakan sesuatu. Dan itu lucu. Haha.
 
✅ Perasaan Intan ini sensitif, jadi ketika dia cranky dan kadang malah tantrum disaat dia sedikit lebih tenang meskipun sambil menangis dia bilang “maaping mama…” (maafin mama…). Efeknya adalah emosi emaknya meredam. Hhuhuhuhu…

Kesimpulan:

Aplikasi So Good Cerdik ini sangat bagus untuk dimainkan bersama anak-anak. Memang perkembangan teknologi bukan untuk dihindari dan dipandang menakutkan untuk menunjang tumbuh kembang anak. Bersikap bijak jauh lebih baik karena orang tua lah yang mengerti kebutuhan anak. Jangan ragu untuk memberikan batasan secara tegas mengenai durasi menggunakan gadget, dan yang terpenting adalah dampingi anak ketika mereka sedang bermain gadget. Bukan hanya menyuguhkan aplikasi edukatif, makanan bergizipun kita dapatkan dari So Good. Menjadi orang tua cerdik bersama So Good cerdik, why not?.

6 komentar:

  1. Anak2 sy suka gambarnya yg tiga dimensi

    BalasHapus
  2. Keren ya mbak aplikasinya, mau banget ini beli buat keponakan

    BalasHapus
  3. anak di jaman now memang permainannya beda dengan zaman kita2 dulu. Namun, dengan aplikasi yang satu ini tentunya akan membuat anak-anak semakin pintar dan cerdik

    BalasHapus