Kamus Bahasa Intan - Intania Kirana

Sabtu, 11 November 2017

Kamus Bahasa Intan

Usia 11 bulan mama sempet ribut sama papa gara-gara keseringan nyuguhin Intan lagu berbahasa Inggris. Bukan apa sih ya, karena video klip dan lagunya easy listening dan lucuk. Jadi kan mama gemez banget buat nggak dengerin. Eh lha kok Intan malah jadi suka. Ya sudah, rutin donk buat dengerin.

Alasan papa sih bukan karena ingin membentuk intan jadi lihai dengan bahasa Inggris. Meskipun kami tetap berharap bahasa inggrisnya bis cas cis cus. Tapi, dari pihak papa ada ketakutan kalau Intan mengalami spech delay. Apa itu? Keterlambatan bicara itu, lho. 

"Jangan didengerin lagu inggris. Tuh ngocehnya Intan nggak berbunyi sebuah kalimat!" 

Aku sih cuma mbatin "yaiyalaahhhhh...usianya kan baru 12 bulan... Kalau belum jelas ya wajar." 😫😫😫

Begitulah gertakan papanya, tapi justru dari pihak mama sama pengasuh malah menilai Intan tidak ada spech delay.

👧 Intan ada babling dan itu dimulai dari tepatnya usia berapa bulan mama lupa. Pokoknya untuk respon suara dia bagus.

👧Banyak diam terlebih dahulu karena dia menyimak.

👧Setiap diajak interaksi berbicara, tatapan Intan lebih sering melihat gerakan mulut.

👧Respon mendengar bagus dan setiap ada lagu baru entah lagu anak berbahasa Indonesia maupun Inggris dia akan menyimak. 

Dari situ mama mulai menjelaskan pelan-pelan ke papa. Alhamdulillah... Papa mengerti dan memang Intan cenderung diam kalau sama papa (saat itu). 

Kamipun tetap melakukan interaksi untuk mengajarkan kosa kata sederhana ke Intan. Entah bagaimana responnya nanti, goalnya bukan langsung lancar dan jelas. Paling tidak dia mengerti dulu dari apa yang kita ucapkan. Eh sekarang, diusia 26 bulan kosa kata Intan sudah banyak dan bisa dibilang dia cerewet untuk usianya. 

Inilah beberapa kamus bahasa Intan dari waktu ke waktu. Dan kenapa seringnya mama yang paham.hahaha... 

🍼 Mik mama = mimik mama
🍼 Bobok tamang = bobok di kamar
🍼 Mama gundut-gundut= mama gendut 
🍼 Mam kutung = maem kuncung 
🍼 Aing utih dinging = air putih dingin 
🍼 Eteh ma = es teh ma 

Kira-kira sih itu. Selebihnya kosa kata seperti biasa dan lebih banyak menirukan perkataan orang disekitarnya. Makanya kita menjaga banget untuk berucap yang baik-baik. Karena ya Intan nyerep apa aja yang dia lihat, bahkan dia dengar. Xixixi

Mengikuti perkembangan anak tuh bahagianya luar biasa ya.😍

Tidak ada komentar:

Posting Komentar