Kamis, 08 Maret 2018

Resep Orang Arik Telur + Sayur


Spicy Vegetable with Eggs ~ halahilllaaah maaa... Bilang aja telur orak arik campur sayur. Hahaha. Gayanya mama aja ya yang keminggris banget. Ya gimana, menu sederhana trus dinamai pakai nama berbahasa Inggris harganya jadi mahal lho. 



Sebenarnya memang menu ini bisa dibilang awal mula mama belajar masak waktu SMP. Dulu, sering banget nemenin ibu masak salah satunya orak arik ini.  Familiarnya sih menu orak-arik ya, ternyata bisa dikreasikan dengan aneka macam sayur. 

Iya lah, setelah jadi ibu aku juga gencar memberikan sayur ke Intan. Karena aku sendiri juga insaf sebagai insan pembenci sayur. Makanya, biar nggak dikata egois ke anak ya aku latihan makan sayur. Lebih-lebih waktu hamil, sayur bayam jadi menu favorit. 

Balik lagi soal orak-arik. Menu ini super duper gampil, cepet, bisa dikreasiin sesuai isi kulkas, dan yang jelas kalau disajikan dengan nasi hangat plus kerupuk. Haduh biyung... Lezatnya! Dan menu ini juga kesukaan Intan. 

Seperti kemarin, di kulkas ada aneka macam sayuran yang bisa dibilang tahan beberapa hari. As you know lah ya. Ada kol, wortel, buncis, onclang atau loncang dan seledri. Kebetulan stok telur masih ada, jadi mama eksekusi aja deh. 

Nah, sebelum aku bagi kreasi menunya. Makan sayur itu sangat baik untuk tubuh. Karena aku sudah ngerasain sendiri, banyak makan sayur aku jadi merasa perutku jarang bermasalah. Makanya, gencar banget kan ya himbauan untuk makan buah dan sayur. 

Disajikan ramai-ramai seperti itu memang dari warnanya bisa mencuri perhatian Intan. Kupilah satu-satu dulu deh manfaat dari sayuran yang ada di menu orak-arik sayur a la mama Intan. So, here we go 😘

👉 🌽 Jagung: Sumber karbohidrat

👉 🥕 Wortel : bagus untuk kesehatan mata karena mengandung vitamin A. Sebagai anti oksidan karena mengandung betakaroten tinggi.

👉 Buncis : mencegah diabetes, tinggi asam folat yang baik untuk ibu hamil, dan memiliki kandungan serat yang cukup tinggi

👉 Kubis atau kol : Mengandung vitamin A dan B kompleks, mengandung asam folat,  membantu pembentukan sel darah merah.

👉 Onclang : Rendah kalori, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sumber zat besi.

Nah, pastinya sudah sangat ngerti akan manfaat sayur. Daripada kelamaan, menu simple ini kubagiin aja deh resepnya. Cusss ya...

Bahan :
1. Kol
2. Wortel 1 buah
3. Buncis 10 biji
4. Jagung manis 1 tongkol ukuran sedang.
5. Sebatang onclang
6. Daun seledri
7. Bawang merah 2 siung
8. Bawang putih 1 siung
9. Bawang bombay (optional)
10. Garam
11. Merica bubuk
12. Kemiri
13. Kaldu bubuk (optional)
14. Air secukupnya
15. Gula.
16. Telur ayam 1 butir
17. Minyak goreng
Cara memasak :
1. Potong semua sayuran dan cuci bersih
2. Iris tipis duo bawang dan tambahkan bawang bombany biar makim sedep aromanya.
3. Panaskan 3 sdm minyak goreng, kemudian tumis duo bawang tadi.
4. Masukkan sayuran kol, wortel, buncis dan jagung manis. Tunggu sampai agak layu.
5. Masukkan telur dan aduk sampai hancur dan tercampur dengan sayur.
6. Masukan onclang yang sudah diiris tipis
7. Beri sedikit air, kemudian taburkan garam, merica bubuk, kemiri yang sudah dihaluskan, dan gula. Tambahkan kaldu bubuk sedikit sesuai selera. Cek rasa.
8. Tunggu sampai semuanya empuk dan air makin berkurang. Bisa ditambahkan kecap kalau suka.
9. Orak arik telur sayur siap dihidangkan.

Gimana, simple kan?? Cocok banget buat menu sarapan pagi. Selamat mencoba ya 😚.

1 komentar:

  1. Lha ini paporitku juga mba. Sayur tergantung isi kulkas aja gampang dan cepet tp enak

    BalasHapus