Sabtu, 23 Juni 2018

Olahan Bergizi Sosis So Good Gulung Mayo



Olahan Bergizi Sosis So Good Gulung Mayo ~ Hai bunda... Selamat lebaran ya, minal aidzin wal faidzin. Seneng banget deh rasanya Ramadan tahun ini bisa dilalui dengan penuh suka cita. Apalagi nih ya, untuk kegiatan selama bulan ramadan terbilang cukup padat. Bertepatan dengan tes kenaikan kelas, dimana les privat juga nggak libur. Haduh, rasanya kok masak untuk hidangan berbuka kemarin sempet mengalami drama bedundukan.



Alhamdulillahnya selama bulan puasa, terhitung untuk buka puasa di luar cuma sekali aja. Itupun bertepatan dengan ulang tahun suami. Padahal kalau buka puasa di luar ya begitu banget suasananya. Sedihnya adalah ketika menunya nggak cocok buat Intan. Jalan satu-satunya saya selalu membawa bekal makanan dari rumah meskipun sebatas nasi dengan lauk sosis atau nugget goreng saja. 

Olahan sosis sih bisa dibilang andalan banget, apalagi buat Intan. Yang bikin saya bahagia terlebih ketika menyiapkan santapan sahur maupun berbuka adalah antusiasme suami dalam mencicip menu masakan yang baru saya pelajari dari hasil mencontek buku resep. Kan lumayan juga ya, masaknya nggak menu itu lagi itu lagi. 

Seperti ketika memilih untuk mengolah menu berbahan sosis. Pilihan sosis yang cocok di lidah adalah sosis So Good, udah pasti bergizi kan ya. Ditambah lagi praktis dan tingkat higienitasnya nggak perlu diragukan lagi. Dibuat campuran sop, capcai ataupun orak arik sayur sudah pasti enak banget!!!.


Baca juga  : Resep Orak Arik Telur

Nah kemarin saya mencoba membuat menu takjil sebelum menyantap menu berat saat-saat berbuka puasa, yaitu Sosis gulung mayo.



Ribet nggak sih?? Lama ya??? Emang enak gitu sosis dicampur mayonaise? Daripada penasaran, saya share dulu deh bahan-bahannya.



πŸ₯–Bahan: 
4 batang sosis
1 bungkus Mayonaise ukuran kecil
1 siung bawang bombay
2 butir telur rebus
Putih telur
100 gram tepung terigu
Saus cabai
Garam
Air secukupnya
Minyak goreng

Itu semua bahan-bahannya. Sebenarnya untuk sosis gulung ini kita bisa menggunakan kulit lumpia yang sudah jadi. Alias sudah beli matang di tukang sayur gitu. Cuma karena kemarin waktu belanja saya sudah kehabisan, jadilah saya mencoba untuk membuat sendiri kulit lumpianya. 


🌯 Cara membuat kulit gulungan : 


πŸ₯– Campurkan tepung terigu, putih telur, garam. 

πŸ₯– Aduk sambil tuangkan secara perlahan air usahakan air putih yang matang. 

πŸ₯– Aduk adonan sampai semu bahan benar-benar larut dan adonan tampak lebih encer. 

πŸ₯– Panaskan sedikit minyak dan ratakan secara menyeluruh di permukaan teflon

πŸ₯– Tuang adonan dan ratakan sampai menutupi permukaan teflon. Usahakan jangan terlalu tebal.

πŸ₯– Tunggu sampai adonan agak matang. Terlihat dari beberapa bagian akan terlepas dengan sendirinya.

πŸ₯– Siapkan nampan untuk meletakan kulit lumpia yang sudah matang.



🌯 Cara membuat Sosis Gulung Mayo :

πŸ₯– Potong sosis menjadi empat bagian memanjang, goreng setengah matang.

πŸ₯– Iris melintang bawang bombai, dan iris telur rebus menjadi beberapa bagian kecil.

πŸ₯– Ambil satu lembar kulit lumpia, kemudian letakkan sosis yang sudah di goreng, bawang bobai, telur rebus dan oleskan satu sendok makan mayonaise diatas sosis dan bawang bombai tersebut. 

πŸ₯– Kemudian gulung dan rekatkan kulit lumpia tersebut dengan adonan terigu yang agak kental. 

πŸ₯– Ulangi langkah diatas sampai mendapatkan beberapa sosis gulung mayo siap goreng. 

πŸ₯– Panaskan minyak, goreng sosis gulung mayo sampai tenggelam dan tunggu hingga berwarna keemasan.

πŸ₯– Tiriskan dan sosis gulung mayo siap untuk dihidangkan.



Senengnya ketika tersaji di meja adalah Intan juga ikit lahap saat menyantap sosis gulung mayo ini. Dicocol dengan saus sambal juga jauh lebih enak, ada sensasi gurih manis dan pedas.

Menu seperti ini bisa dibilang cemilan berat untuk Intan. Dalam sosis gulung mayo ini karbohidratnya dapet dan proteinnya juga dapet dari sosis So Good. Pas kan ya untuk cemilan dan booster berat badannya. 😚

Nah, ini cerita menu yang mengepul di #DapurMamaIntan saat bulan ramadan kemarin. Selamat mencoba ya. Oiya hampir aja lupa, ditambah dengan balutan tepung panir juga bisa disimpan dalam freezer loh. Maksimal sih satu minggu ya. Sekali lagi selamat mencoba dan sosisnya pilih sosis So Good aja yaπŸ˜‰.

1 komentar:

  1. Wah trims mbak sharing resepnya. Ini sepertinya mudah yaa.. secara aq tuh ga bisa masakk haha

    BalasHapus