Sabtu, 15 September 2018


DIY RAINBOW CANDY ~ Jelas sih dari judulnya kelihatan. DIY atau Do It Yourself. Tumbenan banget ya Intan sama mama bikin kayak gitu. Sebenarnya juga nggak sengaja dan ini sudah lama banget. Tapi mama baru sempet aja nulis di blog.



Ceritanya memang kala itu Intan lagi seneng-senengnya tergoda permen apalagi yang warna-warni. Pad diajakin ke Luwes, dia minta tuh. Daripada nangis ya diturutin aja dulu. Padahal mama tahu, permen itu kandungan pewarna buatannya ngeri banget.


Di makan sih sama anaknya, cuma kok lama-lama kasihan aja gitu. Nggak kayak permen caca itu. Beda banget pokoknya, dan setiap kali selesai makan itu pewarnanya nempel banget di mulut.

Mau di buang juga sayang, di makan juga begitu banget. Ya sudah dibuat mainan aja sambil menikmati sore hari di teras rumah.

Simple kok, kalian siapkan saja :
🍬 Permen warna-warni
🍬 Piring
🍬 Air

Terus cara mainnya gimana?
Gampang!! Susun aja permen warna-warni itu di pinggiran piring. Usahakan selang-seling warnanya supaya nanti bisa bagus pelangi yang dihasilkan.

Kemudian tuangkan sedikit air di tengah-tengah piring yang sudah dikelilingi oleh permen itu tadi. Tunggu deh, nanti warnanya akan kelihatan.

Mainan seperti ini ada faedahnya nggak sih?
Jelas ada donk bunda. Ini sepanjang pengamatan mama ke Intan ya. Yang terlihat adalah:
1. Dia bisa lebih anteng. Karena biasanya dia akan aktif lari sana-sini. Antengnya karena dia diberi tugas membantu menyusun permen dalam piring.

2. Melatih daya konsentrasi anak. Jadi fikiran anak terfokus untuk menyusun permen itu.

3. Belajar mengenal warna meskipun dia tetap beranggapan bahwa warna yang ada adalah kuning semua. Grrrrrreee.

4. Melatih gerak motorik halus lewat proses mengambil permen lalu meletakkannya di piring. Semacam montesory gitu sih ya. Jadi dia juga belajar mengenal tekstur permennya.

5. Menambah kosa kata intan. Kami melakukan kegiatan ini saat dia masih berusia 2 tahun. Jadi kosa katanya nggak jauh dari pengenalan warna gitu deh.


Gampil bukan bikin DIY Rainbow Candy. Modalnya cukup beli permen aja sih. Mama keluarin kocek 4000 aja udah dapet satu ons permen warna-warni. Hihihi.  Simak juga keseruannya di vlog ini ya. Selamat mencoba!!!