Mana Yang Paling Enak? - Intania Kirana

Rabu, 17 Oktober 2018

Mana Yang Paling Enak?



Mana Yang Paling Enak? ~ Sering menghadapi rengekan Intan saat minta jajan itu rasanya serba dilema. Mau dilarang juga nangis dan nggak enak sama penjualnya, mau di kasih juga takutnya nanti keterusan dan parahnya adalah jajanan yang dia minta itu nggak cocok buat dia. Efeknya yang muntah lah, diare lah. Kannnn, ibu juga toh yang bingung.


Terlebih sekarang dia lagi di masa yang sukanya minta permen. Melarang sepenuhnya sih tidak, akan tetapi terkadang permen nggak dimakan dan dianggurin begitu saja. Mubadzir sih sudah pasti, di rayu buat beli jajanan lain macam biskuit juga nolak. Negosiasi alot sering terjadi dan jujur ya lelah. Pengen gitu ada cara gimana sih bisa ngasih tau ke anak kalau makanan ini nggak enak, makanan ini enak dan seperti itu lah pokoknya. 




Aku tuh bahagia banget punya tetangga di perumahan seberang lapangan yang ternyata adalah seorang penulis buku anak. Namanya adalah mbak Lia Herliana dan sudah menelurkan banyak judul buku anak. Bersama dengan Tiga Ananda yang merupakan creative imprint dari Tiga serangkai. Ngomongin Tiga serangkai ini akutuh semacam nostalgia dengan penerbit yang menemani perjalananku di bangku sekolah. 

Seri Waspada,Yuk! kini hadir sebagai picture book yang sangat pas bagi orang tua terlebih untuk ananda. Begitu juga Intan,begitu lihat bukunya langsung seneng banget. Dibolak-balik bukunya, dilihatin gambarnya dan "mama... batain ya..." (mama bacain ya..).

"Ma.. peyut Zakit akit ya ma.. maemnya gak bagus. Intan no beli pemen ya ma.." 
Seloroh Intan setelah aku ajak baca picture book ini. Seneng loh rasanya, aktifitas baca buku bisa sekalian kasih pesan ke anak kalau jajan itu juga nggak boleh sembarangan. 


Sisi menarik menurut aku adalah buku ini full colour dan dengan ilustrasi yang terbilang sederhana tapi anak-anak banget. Maksudnya adalah gambarannya tampak real dari kebiasaan yang anak-anak lakukan setiap hari. Aku semacam nostalgia masa sekolah juga kan kalau seperti ini. Hahahaha... Bahkan termasuk anak bandel karena memang jajanan seperti itu di luar halaman sekolah memang beneran menggoda selera banget.

Makanya sebagai orang tua baru kayak aku ini dan lagi menghadapi fase Intan yang serba ingin tahu, suka susah juga ngasih pengertian ke dia. Beruntungnya memang ada halaman panduan bagi orang tua yang terletak di halaman depan.  Jadi enak aja gitu dari panduan itu bisa terbantu saat mrngajak Intan membaca ceritanya. Tepatnya menikmati gambar di setiap halamannya. 




Kubilang buku ini interaktif karena ada lembar aktifitas yang bisa kita gunakan untuk mengulas daya tangkap anak terhadap cerita di buku itu. Seru loh, dari cerita Intan bisa memilih mana makanan yang baik untuk di makan dan mana makanan yang tidak sehat. 


Terakhir ada bagian yang berisi tips asyik nih. Tips ini bisa kita gunakan untuk memberikan pemahaman ke anak juga. Semakin terbantu sih ditambah setiap point dari tips ini disertai dengan gambar yang mendukung. 
Bisa di lihat juga nih sebelum tidur Intan memandangi gambar segerombolan anak-anak yang sedang makan bersama. Disitu juga seringnya aku meminta menebak mana makanan yang enak dan mana yang nggak bagus untuk di makan. Tokoh favoritnya Intan teteplah ya si Zaki. 


Kubilang seri Waspada Yuk! dari Tiga Ananda ini bagus dan cocok banget untuk jadi koleksi bacaan anak di rumah. Soon ke Gramedia buat melengkapi seri Waspada Yuk!. Kalian mau baca bukunya juga?? Cuzzz borong di Gramedia terdekat ya. 

1 komentar:

  1. Tengkyuu, Bu Guru! Semoga Intan semakin tambah seneng baca, yaa.

    BalasHapus