Cara Merawat Koleksi Sepatu Sesuai Bahannya - Intania Kirana

Jumat, 30 November 2018

Cara Merawat Koleksi Sepatu Sesuai Bahannya



Merawat koleksi sepatu ~ Kalau di tanya punya koleksi apa di rumah, aku cuma bisa bilang sepatu. Meskipun nggak banyak dan nggak disimpan dalam lemari kaca khusus layaknya tas hermes berjajar rapi. Sepatu yang ku punya cukup berbaris (agak) rapi di rak dan itupun berbagi dengan sepatu milik papa.



Antara mama dan Intan juga ada kesamaan sebenarnya yaitu sama-sama punya sepatu banyak. Parameter banyak dalam keluarga kami adalah lebih dari 3 pasang. Lha sepatu mama kalau di total baik sepatu kerja dan sepatu buat mejeng centil manja ada sekitar 11 pasang, sedangkan kepunyaan Intan juga ada 10 pasang. hahaha..

Gimana cara merawatnya?

Gampang-gampang susah sebenarnya karena beda bahan beda cara perawatannya. Kebetulan lagi sepatuku dan Intan ada yang menggunakan bahan dari suede atau bludru, kulit asli bahkan kulit sintetis maupun bahan kanvas.

Kita bahas langsung saja yuukk..

1. Sepatu berbahan kulit
Untuk sepatu berbahan dasar kulit baik kulit asli maupun sintetis, aku jarang sekali untuk mencucinya kecuali jika benar-benar kotor. Perawatan cukup dengan menggunakan kain halus untuk menghilangkan debu, kalau memakai semir sepatu bisa dengan semir cair atau krim dan cukup diangin-anginkan saja. Hindari menjemur sepatu berbahan kulit karena akan memicu kulit cepat mengelupas.

2. Sepatu berbahan suede / bludru
Bahan ini terbilang susah sebenarnya, cuma tampilang sepatu berbahan suede ini memang terkesan cantik gitu. Cara membersihkan sepatu berbahan suede ini adalah dengan menggunakan sikat berbulu halus atau sikat khusus untuk bahan bludru. Proses menyikat usahakan satu arah dan sikat di seluruh bagian sepatu jangan hanya di tempat yang kotor. Dimaksud agar tidak terjadi perubahan warna yang tidak rata.

3. Sepatu berbahan kanvas
Untuk bahan kanvas biasanya aku mencuci biasa dengan detergan dan sikat yang halus. Penggunaan sikat halu ini agar serat kain tidak cepat rusak. Hindari juga untuk menjemur langung di bawah sinar matahari.

Jadi itulah caraku merawat koleksi sepatu berdasarkan bahannya. Semoga bermanfaat ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar