Selasa, 16 Juli 2019

Gelaran Opening LKS SMK 2019

Halo, ini Papa Intan. Jadi papa izin dulu ya pinjam blog Intan buat bahas acara yang kemarin Senin papa ikutin di Sportarium UMY. 

Acara apa itu? 

Sebelum diceritain, papa mau cerita dulu nih kalau memang temen segerombolan papa di kampung itu rata-rata anak SMK. Kebetulan papa dulu SMA dan satu sekolah sama mama juga, jadi tahu sendiri kalau anak SMK itu sering di remehin sama masyarakat sekitar. 

Padahal kalau dilihat memang anak SMK itu justru dibekali ketrampilan yang bisa diterapkan setelah lulus sekolah nantinya. Sementara papa, harus lanjut kuliah dan satu kampus pula sama mama. Hahaha.. dasar mama sukanya ngikutin papa nih. 

Nah, Senin tanggal 8 Juli 2019 kemarin memang papa datang di pembukaan Lomba Kompetensi Siswa SMK yang kali ini Kota Yogyakarta sebagai tuan rumahnya. Tentunya papa nggak sendiri, ada mama dan temen blogger lainnya yang mengikuti kegiatan keren ini. Dimana sebagai ajang bagi siswa SMK untuk menunjukkan kompetensinya dan bersaing dengan peserta lainnya. 

Lomba Kompetensi Siswa SMK 2019 ini telah merupakan event ke 27 dimana sebelumnya, Lombok menjadi tuan rumahnya. Karena bertempat di Yogyakarta, tentu nuansa openingnya itu juga menampilkan kekayaan budaya yang ada di Yogyakarta. Bahkan pengisi acaranya juga dari siswa SMK di sekitaran Yogyakarta. 

Sepanjang acara papa takjub karena memang anak SMK ini sungguh luar biasa sekali kemampuannya. Dan bisa mematahkan stereotip bahwa anak SMK itu nggak selamanya kurang kompeten. Justru mereka sangat kompeten di bidang masing-masing.

Mengusung tema SMK BISA!! yang mana kita akan dihadapkan dalam masa kompetensi industri 4.0. Sejumlah pengisi acara baik dari perwakilan Sekjen Kemdikbud dan bahkan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X juga turut hadir dalam opening LKS SMK 2019.  

Sekjen Kemdikbud mengatakan bahwa diharapkan penyelenggaraan SMK bisa disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi kerja yang ada di lapangan, serta diharapkan pula bahwa siswa SMK dapat lebih memberikan kontribusi dalam masyarakat demi kemajuan Indonesia. 


Pendapat dari Sri Sultan Hamengkubuwono X juga mengatakan bahwa siswa yang terpilih dalam ajang LKS SMK ini diibaratkan emas yang telah ditempa melalui proses yang panjang. Dan diharapkan dapat mengembangkan kualitas siswa SMK. 


Prajurit Bergodo, Maskot LKS SMK 2019
Rangkaian acara juga menampilkan penyerahan secara simbolik maskot LKS SMK 2019. Maskot tersebut adalah prajurit bergodo yang sangat identik dengan keraton Yogyakarta. 

Pemilihan maskot ini memang memiliki filosofi bahwa peserta diharapkan memiliki jiwa ksatria dan jiwa sportifitas yang tinggi. Karena saking lucunya, maskot ini menjadi primadona pengunjung untuk diajak foto bersama lho. Papa juga sih, nampang bentar ya. 


Parade Peserta, pengisi acara yang Indonesia banget

Iya, mengikuti opening ini kok papa jadi merasa kuper karena dolannya disitu-situ aja alias kurang jauh. Terbukti ketika sesi parade peserta dari 34 provinsi. Sungguh ikonik sekali melalui pakaian adat dan batik khas yang dikenakan peserta. 

Ditambah lagi rangkaian pertunjukan acara juga menampilkan tarian atau orkes musik berupa medley lagu daerah. Bahkan dari penampilan tarian juga ada makna yang tersirat didalamnya. Ckckckck.. seru banget lah!

Puncak acara memang ada penampilan salah seorang putri daerah yang kariernya lagi cemerlang di ibu kota. Jebolan ajang Indonesian idol 2018 dengan ciri khas suara yang lembut. Yes!!! Brisia Jodie tampil memukau dan sangat akrab dengan para peserta. Bahkan sampai rela turun panggung dan nyanyi bersama gitu. 

Memang gelaran opening LKS SMK 2019 terbilang sangat Jogja banget dan seluruh kontingen tampak sangat menikmati. Acara LKS SMK 2019 ini diselenggarakan pada tanggal 7-13 Juli 2019 di empat lokasi yaitu Jogja Ekspo Center, Fakultas Tehnik Kampus UNY, SMK N 6 Yogyakarta dan Grand Daffam Rohan Ballroom. Dengan rangkaian acara pendukung seperti workshop, fashion show, job Matching, Gerakan Literasi Sekolah, dan Pameran Inovatif dari karya siswa SMK dari 34 Provinsi, Pameran produk unggulan DIY, dan pameran Industri.

Berharapnya selama penyelenggaraan acara LKS SMK 2019 seluruh peserta tidak hanya berlomba saja melainkan bisa mendapatkan bekal pengalaman nantinya terjun ke dunia kerja serta siap menyambut revolusi industri 4.0. Untuk informasi lebih lanjut bisa dilihat Twitter Dikdasmen Kemdikbud : https://twitter.com/DikdasmenDikbun dan instagram : https://instagram.com/dikdasmen_kemdikbud/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar