Sabtu, 16 November 2019

Aksi Darling : Bikin Perubahan itu Tidak Bisa Sendirian

Aksi Darling : Bikin Perubahan itu,  Tidak Bisa Sendirian!!! Kalian setuju nggak? Apalagi generasi milenial saat ini dihadapkan dengan berbagai macam isu yang berhubungan dengan alam. Juga banyak aksi-aksi yang digalakkan demi perubahan lingkungan. Semacam Aksi Sadar Lingkungan dimana para milenial diajak untuk action baik dalam hal penghijauan, hemat air, bahkan tentang sampah. 


Tentunya akan semakin menambah semangat para milenial yang tergabung dalam Squad Darling jika aksi peduli lingkungan itu juga dikampanyekan oleh publik figur. Magnet dari sosok idola memang kuat banget, apalagi jika idola ini memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Seperti Kunto Aji yang juga ikut bergabung dalam Aksi Darling bersama Squad Darling menaman pohon dan semak berbunga di komplek Situs Ratu Boko dalam acara Siap Darling yang diadakan oleh Djarum Foundation.




Siap Sadar Lingkungan adalah gerakan yang diinisiasi oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation melalui sosial media dengan menyasar generasi milenial untuk menyebarkan konten-konten positif tentang kegiatan mencintai lingkungan. Tak hanya menjadi generasi yang sekedar peduli terhadap lingkungan tetapi juga melakukan aksi nyata. Tagline "Cintai Lingkungan Kita dengan Cara yang Kita Cintai" diharapkan bahwa generasi milenial akan terlibat dan turut menjaga kelestarian alam dengan cara masing-masing.

Candi Darling merupakan salah satu program dimana memiliki tujuan untuk melestarikan warisan dan cagar budaya Indonesia. Aksi Candi Darling kemarin berlangsung di dua candi yaitu Candi Ijo dan Situs Ratu Boko. Candi-candi itu adalah bagian dari Candi Indonesia yang nantinya akan di teduhkan dengan pohon dan semak berbunga yang berasal dari pembibitan Djarum Trees for Life

Situs Ratu Boko dan Candi Ijo dipilih sebagai lokasi ketiga kegiatan Aksi Darling ini karena menawarkan panorama indah terlebih menjelang sunset. Daya tarik dari kedua candi tersebut adalah karena terletak pada ketinggian 200 - 450 meter diatas permukaan air laut. Sehingga pengunjung bisa menikmati panorama Jogja dan tampak juga Candi Prambanan dari kejauhan. Terlebih Situs Ratu Boko sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya. Keren kan?!?



Ada sekitar 250 mahasiswa perwakilan dari beberapa Univeristas di Jogja seperti ISI, Sanata Darma, UGM, Atma Jaya yang menaman sebanyak 1000 jenis tanaman di komplek Candi Ijo dan 1350 di komplek Situs Ratu Boko. FX Spanji menuturkan bahwa melalui gerakan ini diharapkan area candi menjadi lebih teduh sehingga bisa menarik wisatawan terkhusus generasi milenial untuk datang ke candi. Sementara bibit pohon dan semak berbunga ini berasal dari Pusat Pembibitan Tanaman yang didirikan dan dikelola oleh Djarum Foundation

Bahkan apresiasi kepada Djarum Foundation juga disampaikan oleh Dra. Tri Hartini selaku Ketua Unit Kerja Situs Ratu Boko dan Candi Ijo Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY atas aksi penghijauan dalam wujud nyata merawat situs-situs cagar budaya. 



Bukan hanya menanam pohon saja, dalam rangkaian acara Candi Darling ini juga diselenggarakan workshop tentang pengelolaan sampah oleh Kertabumi dan pembuatan konten video oleh Studio Antelope. Dengan adanya workshop ini pula narasumber berpesan bahwa kita harus lebih bijak dalam mengelola sampah dan dengan menciptakan konten video yang bersifat positif. 

Kesimpulan papa dimana ini adalah event pertama yang diikuti adalah kegiatan ini seru. Selain mencintai lingkungan dan melakukan penghijauan di area candi, Squad Darling diajak terjun langsung untuk merawat warisan cagar budaya Indonesia. Karena siapa lagi sih yang akan memviralkan tempat-tempat wisata cagar alam selain para generasi milenial ini. 

Kunto Aji sudah siap darling, kamu kapan?

14 komentar:

  1. Program yg bagus bgi inj ya mba. Utk pelestarian peninggalan sejarah

    BalasHapus
  2. Insyaallah....mulai sadar lingkungan dan mulai campaign dari lingkungan terdekat.
    Perusahaan juga lagi mau campaign ke hotel-hotel dan semua client untuk memakai product-products recyclable sebagai part of reduce dan juga memakai bahan-bahan eco friendly.

    BalasHapus
  3. Keren nih projectnya. Penanaman pohon di Kawasaki candi

    BalasHapus
  4. Bersama-sama melakukan penghijauan di area candi, seru juga ya, merupakan wujud nyata merawat situs-situs cagar budaya. Salut dengan program ini.

    BalasHapus
  5. aksi sadar lingkungan begini memang perlu terus digalakkan ya, Mba, termasuk kebiasaan membuang sampah jangan sembarangan. Kalau lingkungan dijaga dengan baik dan asri karena banyak pohon, kita juga yang akan menikmati manfaatnya kan, ya.

    BalasHapus
  6. Bersama-sama melakukan penghijauan di area candi, seru juga ya. Merupakan wujud nyata merawat situs cagar budaya. Salut dengan program ini.

    BalasHapus
  7. Seru banget ya mba.. Semoga para generasi muda semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Bukan saat ini saja, tapi seterusnya...:)

    BalasHapus
  8. Wah fantastis ya jumlahnya
    1000 jenis tanaman di komplek Candi Ijo dan 1350 di komplek Situs Ratu Boko. Alhamdulillah ya masih banyak yang peduli

    BalasHapus
  9. Program yang benar benar mengena bagi para milenial agar aware dengan isu-isu lingkungan.

    BalasHapus
  10. Setuju banget. Melakukan aksi kebaikan nggak bisa sendirian. Biar pengaruhnya bisa langsung terasa

    BalasHapus
  11. Semoga programnya bisa menyentuh daerah lain, jadi bukan hanya Jogja saja

    BalasHapus
  12. Kegiatan seperti ini perlu dikesdilesta, para penggiat lingkungan dipersardipe

    BalasHapus
  13. siapp donk.. darling dari. lingkup terkecil dulu..di keluarga

    BalasHapus
  14. CSR Kaya gini yg bantu menjaga lingkungan, mudah2an masyarakat juga ke depannya bisa tetap menjaga tanaman yg sdh ditanam yam banyak juga sampai 1000 kalau sudah besar adem ya

    BalasHapus